Kirin, Kedai masakan korea yang mengenyangkan dan terjangkau


Saat ini, indonesia lagi ngehit2 nya korean wave, serbuan budaya dari korea selatan mulai dari musiknya, dramanya, fashionnya, sampai makanannya. Awalnya, orang tertarik pada musik dan dramanya saja, namun melihat keseharian tokoh drama dan makanan yang ditampilkan pada musik, drama dan bahkan variety show idolanya, mulai banyak orang yang memburu segala hal yang berbau korea.


Saya sendiri merupakan salah satu yang terkena imbas korean wave ini dan mulai menyukai berbagai hal yang berbau korea. Salah satunya merupakan alasan kenapa saya memulai blog ini dengan resto masakan korea yang ada di malang, Kimbab Rina atau biasa disebut Kirin. Bertempat di Jl. Kalpataru no. 40 Malang, Kimbap Rina mengusung masakan korea yang mungkin jarang kita temui di tempat lain.

Kirin merupakan sebuah kimbab shop, semacem fast foodnya korea selatan yang menyediakan makanan murah dan sehat. Seperti halnya di indonesia, restoran atau kedai di korea menjual makanan secara spesifik, Kirin mengadaptasi konsep Kimbap Shop yang ada di Korea Selatan. Kimbap shop biasanya jualan tokpokki, rapokki, kimbap, kimchi bokkeumbap, dkk. Kalian bisa baca lebih lanjut tentang Kirin di sini


Pertama kali masuk di Kirin ini, saya merasa lokasinya lebih mirip warung atau kafe lesehan yang biasa ada di malang. Dengan beberapa meja saja, dan dapur yang langsung terlihat dari pengunjung, pengunjung bisa melihat masakannya disiapkan secara langsung. Uniknya lagi, di Kirin disediakan TV LCD yang lumayan besar, digunakan untuk memutar MV Korea yang lagi hit saat ini. Penggemar KPOP bakal betah berlama-lama disini untuk sekedar menikmati makanan dan melihat MV korea. Sayangnya, tempat ini cukup sempit dan kurang cocok kalau dipakai gathering lebih dari 20 orang. Semoga kirin sukses dan pindah ke tempat yang lebih gede :’).
Karena konsepnya yang mengadaptasi kimbap shop, pilihan menu di Kirin terbatas pada apa yang biasa ada pada Kimbap shop. Untuk harga, Kirin termasuk terjangkau, mulai dari 10.000 sampai 60.000 an. Dibawah ini beberapa makanan yang sempat saya coba
  1. Kimbap
Kimbap ini sendiri merupakan nasi gulung korea yang di dalamnya berisi daging sapi cincang dengan kimchi atau tuna dengan mayonaise, kimbap beef dan kimbap tuna. Seharga Rp. 15.000 dan Rp. 15.500, kalian sudah bisa menikmati 8 pieces dari kimbap ini.
Pertama kali yang kepikiran saat menyantap kimbap ini adalah lemper. Dengan bentuknya yang mirip lemper ini, saya lumayan terkejut dengan rasanya yang lebih kaya daripada lemper. Pada kimbap beef,  campuran daging sapi cincang dipadu dengan kimchi menghasilkan rasa yang segar dan gurih. Sedangkan pada kimbab tuna, campuran suwiran tuna dengan mayonaisenya cocok banget. Ditambah dengan timun, telur dadar, nasi dan rumput lautnya, kimbap berasa lebih cocok sebagai appetizer untuk hidangan2 berikutnya.
Saia masih kepengen nyebut ini sebagai lemper korea daripada kimbap. Btw, karena cara makan yang benar itu sekali suapan, saya cukup kesulitan dengan ukurannya yang gede banget (puas sih).

2.       Ttokpoki

Ttokpokki merupakan jajanan korea paling populer yang terbuat dari kue beras yang lembut, fish cake atau bakso ikan dan saus pedas manisnya korea. Di Kirin, ttokpoki ini dilengkapi dengan sayuran semacem wortel, kentang, bawang bombay dan kubis. Dengan harga 16.500, kalian bisa mencicipi jajanan korea yang sehat dan mengenyangkan ini. Kalau masih kerasa kurang, kalian bisa menambahkan keju dengan memesan cheese ttokpoki. Makanan ini juga diberi level kepedasan mulai 1 sampai 3.
Ttokpoki di Kirin ini top banget rasanya, saus pedas manis khas koreanya cocok sama kue berasnya yang manis. Sayuran semacem wortel, kentang, bawang bombay dan kubis menambahkan kesegaran dan bikin ttokpoki ini ga eneg. Kue berasnya sendiri lumayan licin dan susah dimakan memakai sumpit. Saking mengenyangkannya, makan satu porsi ttokpokki ini saja sudah cukup buat saya.

3.       Rappoki

Rappoki ini sebenernya cuman versi upgradenya ttokpoki, yaitu ditambahkannya mie ramyun pada ttokpoki. Kekentalannya rapokki ini cukup membuat saya ketagihan untuk pesan makanan ini lagi. Kalian juga bisa memesan cheese rappoki, yang menambahkan melt cheese ke masakan ini. Rappoki sendiri bisa dibeli dari Rp. 18.500 dan Rp. 21.000 untuk cheese rappoki nya. Ada 3 level kepedasan yang bisa kalian coba, meski menurut saya level ke tiga sekalipun tidak terlalu pedas.

4.       Dak galbi

Jajanan yang satu ini terbuat dari potongan daging ayam yang dimasak dengan bumbu galbi kemudian dilengkapi dengan kue beras dan sayuran. Dak galbi nya kirin ini ayamnya lembut banget dan bumbunya meresap sampe dalamnya. Rekomended banget buat pesen ini sama kimbap nya, dijamin kenyang2 pas pulang.

5.       Sundubu jiggai

Yang ini merupakan menu baru dari Kirin. Sup bumbu pedas khas korea dengan isi tofu, daging sapi, udang, kerang, cumi dan telur. Sundubu jiggai ini juga disajikan dengan nasi putih dan side dish. Yang ini menurut saya merupakan main course nya Kirin, dah lengkap dengan nasi putih dan side dish. Makanan ini cocoknya dimakan dengan mencampurkan sup pedasnya dengan nasi dan side dishnya dalam satu sendok. Top banget rasanya, seafoodnya kerasa banget dan mungkin agak aneh rasanya buat yang pertama kali nyoba, tapi dijamin klo dah nyoba bakal nagih. Sundubu jiggai ini bisa didapat dengan harga Rp. 25.000 dengan tingkat kepedasan level sampai 3.



Ada banyak menu lainnya, seperti oden, tapi menu ini hanya ada pada hari senin dan sabtu, sayag sekali. Beberapa hal yang menurut saya kurang di Kirin adalah minumannya, cuman disediakan air mineral dan teh kotak. Mungkin lebih menarik kalau disediakan minuman khas korea ya? Atau es krim korea begitu.
Untuk kalian yang penasaran dan pingin tau tentang promo2 nya, isa follow twitter @Kimbap_Rina atau sekalian langsung datang ke jl. Kalpataru no. 40 malang pada jam 12am-8pm. Jangan lupa ajak saya!


Komentar

Postingan Populer